STUDI PENGENDALIAN TEKANAN GAS PADA TANGKI AMMONIA 109 F MENGGUNAKAN KENDALI PI DI PT. PUPUK ISKANDAR MUDA

Arief Rahman, Azhar Azhar, Muhammad Kamal

Sari


Abstrak Pada tangki ammonia 109 F diterapkan sistem pengendali tekanan gas untuk proses kondensasi untuk manghasilkan gas ammonia hot prodok yang di kirimkan ke Urea Plant maka harus dijaga tekanan gas yang masuk ke dalam tangki ammonia 109 Fsesuai dengan nilai set point yaitu 14,7 Kg/cm2. Apabila tekanan gas yang masuk kedalam tangki melebihi nilai set point maka tidak akan terjadi kondensasi dan akan berdampak ke Urae plant. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan simulasi menggunakan softwareMatLab dengan cara membuat pemodelan matematis pada plant untuk mendapatkan fungsi alih menggunakan pengendali PI dengan menggunakan metode Ziegler-Nichlos dan metode Shinskey. Hasil pengujian menggunakan pengendali PI dengan metode Ziegler Nichlos adalah yang paling ideal untuk mengendalikan tekanan gas paa tangki ammonia 109 F dengan nilai Kp = 291,58 dan Ki = 75,71 menghasilkan respon stabil berupa lewatan maximum overshoot 21% pada waktu puncak (Peak Time) 6,09 detik dan waktu naik (Rise Time) 3,937 detik serta waktu penetapan (Settling Time) 15,748 detik, dimana lewatan maksimum (maximum overshoot) tidak melibihi batas ketentuan  (25%).

 

Kata kunci - Tangki Ammonia, Kendali PI, Ziegler-Nichlos, Shinskey.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tarmukan 1995. “Teknik Pengaturan Otomatis” (Pusat Pengembangan pendidikan politeknik direktorat Jendral Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan). Bandung

Lefyana, Atika 2018. “Studi Pengendalian Tekanan Gas Pada Ammonia Storage Tank (64-FB-2001) Di PT.Pupuk Iskandar Muda”. Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kamal, Muhammad. 2010.”Dasar Sistem Kendali” (Modul Ajar Program Studi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Control Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe)

Ogata, Katsuhiko. 1997. Teknik Kontrol Automatic. Jilid I Edisi Kedua. Terjemahan Edi Laksono. Jakarta: Erlangga.

Sabarina, Mia. 2017. “Simulasi Pengendalian Level Kondensat Pada Tangki Separator D-418 Menggunakan DCS Di Pertamina Hulu Energi”. Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)