Rancang Bangun Sistem Kontrol Elekro Pneumatik Sebagai Pengatur Tuas Penutup Botol Minuman

Muhammad Ridha, Jamaluddin Jamaluddin, Azhar Azhar

Sari


AbstrakPembuatan alat sistem instrumentasi ini dimaksudkan untuk efisiensi proses saat menutup botol minuman yang bekerja menggunakan sistem kontrol otomatis. Pada sistem kontrol pneumatic pada tutup botol minuman  ini menggunakan Konveyor untuk menjalankan botol minumanyang sudah di tutup secara otomatis. Kemudian menggunakan Sensor infrared untuk mendeteksi adanya botol, dan menggunakan dua motor DC power windows. Satu untuk untuk memutarkan botol minuman dan satunya lagi untuk memutarkan tutup botol ke botol minuman, dan Arduino Uno sebagai unit pengendali dalam proses kerja alat ini. Selanjutnya arduino akan memberikan sinyal kepada motor  DC dan sensor infrared, kemudian solenoid pneumatic akan bekerja untuk menutup botol yang sudah berada tepat di bawahnya yang di putarkan oleh motor  DC. Kemudian motor  DC berputar kembali dan membawa botol yang sudah di tutup ke konveyor untuk input. Keberhasilan sistem penutup botol minuman ini dilihat dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan sensor infrared. Dari hasil pengujian alat terdapat sedikit perbedaan antara data yang dibaca sensor dengan yang terukur pada timbangan standar.

 

Kata kunci :  Mikrokontroller Arduino Uno, Konveyor, Solenoid Pneumatic, Motor DC Power Window,

                sensor Infrared

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Khalid, A. and Raihan, H. (2016) ‘Rancang Bangun Simulasi Sistem Pneumatik Untuk Pemindah Barang’, Jurnal INTEKNA, 16(1), pp. 39–44.

Mauludi R, A. (2015) ‘Desain Mesin Press Penutup Botol Otomatis Menggunakan Inventor 2015’, Jurnal Teknologi Industri Universitas Gunadarma.

Santoso, A. (2016) ‘Perancangan Dan Pembuatan Mesin Pengisi Dan Penutup Botol Otomatis Berbasis Sistem Scada’, Jurnal Teknik Mesin Universitas Gunadarma.

Sulistyanto, D. A. (2010) ‘Aplikasi Plc Omron Cpm 1a 30 I/O Untuk Proses Pengepakan Botol Secara Otomatis Menggunakan Sistem Pneumatik’, PSD III Teknik Elektro Universitas DIponegoro.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)