Rancang Bangun Robot Pemadam Api Secara Otomatis Menggunakan Sistem Pneumatik Berbasis Mikrokontroller Atmega32

Rohimah Rohimah, Muhaimin Muhaimin, Nelly Safiri

Sari


AbstrakRobot pemadam api secara otomatis ini sangat dibutuhkan oleh manusia  untuk membantu dalam menanggulani musibah kebakaran yang tidak dapat diprediksi. Dalam penelitian ini dirancang robot pemadam api secara otomatis yang berguna untuk mendeteksi sumber kebakaran menggunakan sensor flame detector, sensor ultrasonic, dan sensor suhu untuk mengetahui kondisi ruangan, disaat sumber kebakaran terdeteksi oleh sensor maka akan dilakukan pemadaman dan pemberitahuan terjadinya kebakaran dengan cara pneumatik memberikan tekanan kepada apar dan dilengkapi buzzer sebagai pemberitahuan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah menentukan perangkat input dan output yang dihubungkan dengan mikrokontroller atmega32 sebagai pengontrol sistem secara keseluruhan. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa pada pendeteksian keberadaan api dengan kondisi satu lilin dengan output data serial 602 maka api dapat dipadamkan dan pemberitahuan aktif. Selanjutnya pada pendeteksian sensor ultrasonic dengan jarak sensor >25cm maka akan menghasikan motor kiri maju,motor kanan maju, dan kondisi maju terus, selanjutnya pendeteksian sensor suhu yang menggunakan aplikasi solder dengan jangka waktu dua puluh lima detik dengan data serial 62,3 °C  pemadaman dan pemberitahuan aktif, sistem ini dapat bekerja dengan baik untuk pemadaman dan pemberitahuan dalam kondisi pendeteksian tertentu.

Kata Kunci: Mikrokontroller Atmega32, sensor, pneumatik, ultrasonic, buzzer


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Aditya Paramayudha,(2010). “Sistem Alarm Kebakaran dengan Sensor Suhu dan Asap berbasis Mikrokontroller AVR 8535”.

. Alfith (2015) telah membuat perancangan robot cerdas pemadam api dengan sensor thermal array TPA81 berbasis mikrokontroler Arduino Mega 2560.

. Andrianto,H.2013.Pemrograman mikrokontroler AVR ATmega 16 menggunakan bahasa C. Bandung : InformatikaSaid H. 2012. Aplikasi PLC dan Pneumatik Pada Manufaktur Industri. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Artikel Kompas.com dengan judul” Pilih APAR yang tepat untuk dibawa di Mobil”. https//otomotifkompas.com/read/2018/10/04/112300815/pilih-apar-yang-tepat-untuk-dibawa-di-mobil.Setyo Adi Nugroho.

. Fahmizal(2012), dengan penelitiannya”Rancang Bangun Robot Wall Follower dengan Kendali PID”.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)