RANCANG BANGUN PROTOTYPE DRONE PENYEMPROT PESTISIDA UNTUK PERTANIAN PADI SECARA OTOMATIS

Rahmat Hidayat

Sari


Abstrak Dewasa ini drone tidak hanya digunakan pada operasi militer untuk melakukan pengintaian terhadap musuh tanpa terdeteksi. Drone banyak menjadi objek penelitian salah satunya dalam bidang pertanian. Drone dapat digunakan untuk melakukan survei lahan, pemantauan jarak jauh maupun lainnya untuk mempermudah aktivitas pertanian terutama untuk penyemprotan hama. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang drone yang dapat melakukan penyemprotan pestisida dan bekerja secara otomatis tanpa perlu dikendalikan oleh pengguna. Drone  yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis Hexacopter  tipe X dengan dimensi 550 mm dan flight controller dji Naza-M V2. Drone bergerak menggunakan 6 buah baling-baling (propeller) dengan ukuran 10x4,7-inch yang dipasang pada motor brushless 980KV. Drone pada saat penyiraman cairan pestisida melakukan take off  menggunakan mode terbang secara otomatis yang diatur melalui Universal Ground Control software. Berdasarkan hasil pengujian dan analisa drone dapat terbang selama 1 menit 45 detik dengan menggunakan baterai Lipo 3S 2200 mAh ketika total berat drone 2500 gram dan drone bekerja dengan baik dalam melakukan penyemprotan pestisida secara otomatis pada pertanian padi.

 

Kata kunci : Drone, Hexacopter, Propeller, Universal Ground Control software


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hanafi (2015) ‘Aplikasi Pemantauan Keberadaan Lokasi Dan Kecepatan Pada Kendaraan Dengan Menggunakan Teknologi Mobile Data Dan Gps Dengan Digitalisasi Peta’, Junal Teknologi Informatika, 8, pp. 143–150.

Lema, R. A. N. (2016) Flight Controller Pada Sistem Quadcopter Menggunakan Sensor Imu (Inertial Measurement Unit) Berbasis Mikrokontroller Atmega 2560, Universitas Sanata Dharma.

Maulana, R. (2018) “Implementasi Maze Algorithm dalam Mode Auto Parking Di Mobil, Universitas Malikussaleh.

Suroso, I. (2018) ‘Analisis Peran Unmanned Aerial Vehicle Jenis Multicopter Dalam Meningkatkan Kualitas Dunia Fotografi Udara Di Lokasi Jalur Selatan Menuju Calon Bandara Baru Di Kulonprogo’


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 
ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jalan Banda Aceh - Medan Km 280,3
Buketrata Po Box 90, Telp (0645) 42785 Fax (42785)