Rancang Bangun Mobile Learning Pengenalan Makharijul Huruf Pada Sekolah Dasar

Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Indrawati Indrawati

Sari


Pengenalan huruf hijaiyah merupakan awal untuk memahami dasar-dasar bacaan Al-Quran. Belajar membaca Al-Quran pada saat mengaji masih terdapat beberapa anak-anak pada saat melafalkan bunyi huruf hijaiyah masih belum tepat betul. Adapun tujuan perancangan ini yaitu untuk pengenalan anak-anak terhadap makharijul huruf dengan benar dan menarik minat anak-anak dalam memahami/melafalkannya. Oleh karena itu salah satu solusi yang akan diambil adalah dengan merancang aplikasi pengenalan makharijul huruf  berbasis mobile. Dalam dunia pendidikan, rancangan mobile ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran sebagai tambahan panduan belajar. Karena melihat anak-anak sangat bergantung pada smartphone maka peneliti merancang aplikasi mobile learning pengenalan makharijul huruf dengan mobile pada penelitian ini. Metode yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan black box hasil dari perhitungan standard error aplikasi ini adalah 0.003 dan 0.005. Berdasarkan hasil dari standard error pada pengujian aplikasi ini memiliki tingkat error yang rendah berada dibawah angka 1 maka sistem pada aplikasi ini cocok digunakan

 

Abstract

The introduction of hijaiyah letters is the beginning to understand the basics of reading the Koran. Learning to read the Al-Quran at the time of reciting there are still some children when reciting the sound of the hijaiyah letter is still not quite right. The purpose of this design is to introduce children to makharijul letters correctly and attract children's interest in understanding/pronouncing them. Therefore, one solution that will be taken is to design a mobile-based makharijul recognition application. In the world of education, this mobile design can be used to support the learning process as an additional study guide. Seeing that children are very dependent on smartphones, the researchers designed a mobile learning application for recognizing makharijul letters using mobile in this study. The method applied in this study uses a black box. The results of the calculation of the standard error of this application are 0.003 and 0.005. Based on the results of the standard error in testing this application, it has a low error rate below the number 1, so the system in this application is suitable for use.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Laksono, G., Sentinuwo, S., & Putro, M. D. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Makhraj Huruf Al-Qur‟an Untuk Anak-anak. JurnalTeknikInformatika,9(1).https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14928

Nengsi, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Pada Materi Fotosintesis untuk Siswa Kelas VIII MTsN Koto Nan Gadang. Bioconcetta, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.22202/bc.2015.v1i2.1504

Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid , Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Sisfotek Global, 5(2), 54–60.

Kristianto, I., & Kom, S. (2020). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Makharijul Huruf dan Tajwid. 3, 1324–1328.

Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah Dengan Augmented Reality Berbasis Android Android Application for Arabic Letters Recognition and Its Articulations ( Makharij ) Using Augmented Reality. 8(28), 73–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v1i2.2451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

 

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.