Perancangan Mobile Learning Bahasa Arab Menggunakan QR-Code

Nurul Husna, Indrawati Indrawati, Amri Amri

Sari


Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran yang di berikan kepada peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Pada umumnya, media pembelajaranya menggunakan buku dan pembelajaran tatap muka sangat kurang menarik dan siswa pun cepat jenuh. maka dibutuhkan aplikasi pembelajaran berbasis mobile yaitu “Perancangan Mobile Learning Bahasa Arab Menggunakan  Qr-Code”. Aplikasi pembelajaran ini dirancang dengan beberapa model pembelajaran yaitu teks, gambar dan suara. Perancangan ini menggunakan algoritma linear congruet method sebagai pengacakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa dalam belajar bahasa arab, untuk menguji kemampuan metode LCM sebagai pengacakan soal yang terdapat pada latihan dalam aplikasi. serta untuk mengetahui kelayakan aplikasi pembelajaran ini baik digunakan atau tidak. output penelitian ini berupa piranti sistem m-learning, yang dapat dijadikan sebagai media alternatif belajar siswa diluar kelas dan memberikan kemudahan belajar bahasa Arab secara mobile. Data penelitian telah diperoleh dengan cara user melakukan pretest yaitu 25% yang mencapai kategori baik, persentase meningkat setelah user melakukan postest yaitu 75% yang mencapai kategori sangat baik. Pada pengujian kelayakan sistem mengggunakan metode beta mendapatkan nilai yaitu 154,5 yang berada di rating antara 147-175 (sangat puas). sehingga antarmuka sistem layak untuk diimplementasikan pada sistem.

Abstract

Arabic is one of the subjects given to students at the elementary school level. In general, the learning media using books and face-to-face learning are very unattractive and students quickly get bored. hence a mobile-based learning application is needed, namely "Designing Arabic Mobile Learning Using Qr-Code". This learning application is designed with several learning models, namely text, images and sound. This design uses a linear congruence algorithm as a randomization method. This study aims to increase students' knowledge in learning Arabic, to test the ability of the LCM method as randomization of questions contained in the exercises in the application. as well as to find out the feasibility of this learning application whether it is used or not. The output of this research is in the form of an m-learning system tool, which can be used as an alternative media for student learning outside the classroom and provides convenience for learning Arabic by mobile. The research data has been obtained by means of the user pretest, namely 25% who reached the good category, the percentage increased after the user did the postest, namely 75% who reached the very good category. In testing the feasibility of the system using the beta method, it gets a value of 154.5 which is in a rating between 147-175 (very satisfied). so that the system interface is feasible to be implemented on the system.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wirawan, Panji W. (2012). Pengembangan Kemampuan E-Learning Nerbasis Web Ke Dalam M-Learning. Jurnal Masyarakat Informatika, Volume 2 (Nomor 4, ISSN 2086-4930), Hal. 21-26.

Hendra, Kgs M. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Iqra Berbasis Andoid. Hal 1-9

Supriyono. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Informatika Vol. 8, No. 2.

Ichmi, Putiha. (2014). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Dengan Metode Computer Aided Instruction (CAI). Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) volume : IV, Nomor : 1, ISSN : 2339-210X. Hal 91-96

Hendrawaty, H. Azhar, A. Atthariq, A. (2016). Implementasi Algoritma RSA dan QR-Code untuk Keamanan Transkip Nilai di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Infomedia, Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol 1. No 2.

Velani, Irvan. (2019). Penerapan Sistem Pengamanan Pintu Menggunakan QR-Code Berbasis Arduino.




DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jaise.v1i1.2220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

 

 

Creative Commons License
Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (JAISE) licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.